Nama: Reza Bayu saputra
Kelas: R4A
Npm: 202246500023
Analisis “Pengaruh Logo dalam kesuksesan suatu brand” Dengan mengambil contoh dari logo “GUCCI”
Pendahuluan
Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo secara prinsip adalah simbol khusus dan khas yang mewakili suatu entitas dan bahkan dapat menjadi bagian dari properti legal entitas tersebut. Sebagai bagian dari identitas visual, sebuah logo juga dapat berfungsi sebagai sarana membangun brand entitasnya.
Brand identitas membantu menciptakan citra merek dan persepsi konsumen tentang merek sehingga hal ini menjadi kunci penting dalam membangun brand awareness dan loyalitas konsumen. Dengan memiliki brand identity yang kuat dan konsisten, merek dapat membedakan diri dari kompetitor, meningkatkan brand awareness, dan membangun hubungan yang kuat serta berkelanjutan dengan konsumen.
Menciptakan desain logo yang efektif untuk Mempresentasikan sebuah perusahaan secara Tepat merupakan suatu proses sintesis Pengolahan berbagai unsur-unsur visual yang Saling berinteraksi satu sama lainnya untuk Menghasilkan komposisi visual yang selain Estetis dan menarik, juga yang terpenting Mampu menyampaikan pesan/informasi tertentu seperti yang diinginkan. Proses pengolahan Unsur-unsur visual tersebut dilakukan dengan Cara yang sangat rumit dengan memper timbangkan berbagai faktor yang terkait, sebab Logo harus tampil menonjol di tengah ‘keramaian visual’ yang saling berlomba Mempertontonkan diri.
Metodelogi
Analisis ini menggunakan metodelogi semiotika Ferdinand de SaussureSaussuremonok menggunakan konsep tanda linguistik yang terdiri dari 2 komponen. Signifier (penanda) dan Signified (petanda). Dengan menggunakan metode logo tersebut dapat membantu untuk memahami bagaimana logo dapat berperan penting dalam kesuksesan sebuah brand.
Identifikasi Penanda (Signifier)
• Gambar: Pada Logo Gucci menggambarkan dia huruf “G” Yang saling berhadapan dan menyatu. Huruf “G” Yang saling berhadapan tersebut dimaknai sebagai inisial dari mendiri brand gucci, yaitu Guccio Gucci.
• Warna: Logo Gucci kerap melakukan perubahan warna pada logonya, namun pada akhirnya nya logo gucci menggunakan warna monokrom untuk logo nya tersebut, hal itu agar logo gucci dapat di tempatkan pada berbagai macam latar dan corak.
• Tipografi: pada tipografi “GUCCI” yang terdapat pada logo gucci menggunakan jenis huruf serif yang halus dan terlihat canggih. Sedangkan Pada Tipografi huruf “G” Yang berhadapan di buat menggunakan jenis huruf sans serif yang terlihat bersih dan modern. Tipografi keseluruhan dari logo tersebut memiliki makna Terlihat abadi dan percaya diri dimana itu merupakan prinsip dari gucci sendiri.
Identifikasi Petanda (Signfied)
• Nilai-Nilai: Dalam Logo Gucci terdapat nilainilai kesuksesan, percaya diri, kekayaan, Pertumbuhan dan semangat,
• Identitas: Fashion, Mewah, Elagant
• Pesan: logo ini mengandung pesan hubungan yang kuat dengan akar, warisan, dan sejarahnya, serta mencerminkan pendekatan mendasar terhadap kualitas, desain, dan keindahan.
Hubungan Penanda Dan Petanda
• Lambang Kedua Huruf “G” yang saling berhadapan, itu merupakan inisial Guccio Gucci, pendiri merek tersebut.itu. itu juga terinspirasi dari tali sanggurdi yang digunakan saat menunggang kuda.
• Gucci Menggunakan Warna Monokrom pada logo nya, yang dimana Hitam melambangkan ketegasan, profesional, dan kredibilitas sebuah produk atau brand. Dan putih melambangkan bersih, murni. Pemakaian warna pputih juga akan memberi kesan simple. Warna putih akan terlihat kontras dan tegas jika dipadukan dengan warna hitam.
• Tipografi Yang digunakan adalah Sans Serif dan serif. Terlihat sederhana namun terlihat jelas juga sehingga membuat logo gucci mudah di baca dan di ingat.
Kesuksesan brand:
• Selama bertahun-tahun, logo Gucci telah dikenal di seluruh dunia. Dan saat ini, hal ini langsung dikenali oleh siapa saja yang menyukai kemewahan dan fashion.
• Logo tersebut membantu Gucci untuk Menjadi Pusat kekuatan global dalam industri brand fashion.
• Logo Gucci meningkatkan brand awareness, engagement, dan loyalitas pelanggan.
Kesimpulan
Brand adalah aset tak berwujud yang paling bernilai dari sebuah entitas. Oleh karena itu, Branding harus digarap dengan serius, termasuk desain logo sebagai pintu masuk yang mencerminkan Brand. Logo harus mencerminkan jiwa/kepribadian brand yang diwakilinya. Dengan menganalisis logo menggunakan metode William de Saussure dapat membantu dalam memahami bagaimana peran logo tersebut dalam kesuksesan yang di dapatkan pada brand tersebut. Dengan memahami hubungan antara signifier dan signified, kita dapat menilai efektivitas logo dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan brand tersebut.
0 komentar: